VIVA   –  Saat lebaran sejumlah makanan khas seperti opor, goreng, hingga lontong sayur menjadi menu yang wajib ada. Rasa gurih dan jalinan lembut dari daging tetap menggoda lidah dan menyusun kita kalap.

Sejumlah makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lantas bagaimana mengatasinya? Dalam tayangan Hidup Sehat TvOne , cakap herbal  dr. Muthoharah M. Si memberikan sejumlah resep herbal untuk menurunkan kolesterol.

Hati putih

Dijelaskan Muthe, sapaannya bawang putih dengan empiris dan dari sebesar penelitian disebut dapat positif menurunkan kolesterol. Hal tersebut lantaran bawang putih yang mengandung enzim alinase yang kerjanya menghambat enzim membuat kolesterol.

“Bawang putih biasa bisa, meskipun demikian bawang putih tunggal alisin lebih tinggi. Bawang putih paling baik dalam bentuk mentah 10-15 menit dikunyah jangan langsung ditelan sebab bawang putih akan merusak asam lambung, ” cakap dia.

Atau bisa menumbuk bawang putih lalu tunggu selama 10-15 lalu bisa dicampur secara air dan madu.

Seduhan teh bunga rosella

Dijelaskan Muthe, bunga rosella bisa menurunkan kolesterol sebab mengandung vitamin C sebagai antioksidan. Selain itu, bunga rosella juga mengandung antisionin dan peptin untuk menghalangi terjadinya pembentukan kolesterol.