VIVA   –  Presiden Joko Widodo  (Jokowi) telah menunjuk 33 orang untuk menjadi calon Wakil Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk negara sahabat & organisasi internasional.   Hal itu ditetapkan berdasarkan Surat Presiden RI Nomor: R-25/Pres/06/2021, tanggal 4 Juni 2021.

Dalam  daftar yang diperoleh VIVA  sejak surpres tersebut, ada tanda dari kalangan pengusaha maupun pejabat pemerintahan. Mereka  dipilih melalui jalur karir serta ada pula yang ditunjuk lewat jalur  non karir.

Salah utama nama yang masuk pada daftar itu adalah Rosan Perkasa Roeslani. Rosan  merupakan Ketua Umum Kadin Nusantara periode 2015-2020. Rosan mau dipercaya sebagai Duta Gede Indonesia untuk Amerika Konsorsium berkedudukan di Washington D. C.

Sementara itu Fadjroel Rachman yang kini merupakan Juru Bicara Presiden MENODAI akan ditempatkan sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, yang berkedudukan di Nur-Sultan. Baik Rosan maupun Fadjroel menjadi Dubes berdasarkan jalur non karir.

33 nama dubes ini merupakan proposal atau diajukan Presiden Jokowi yang kemudian akan memasukkan uji kepatutan dan kelayakan atau sehat and proper test di  DPR.

“Betul suratnya sudah masuk DPR. Sesuai Tatib DPR, Surpres tersebut disampaikan pimpinan DPR dalam rapat paripurna yang kemarin dibacakan dan paripurna sudah membenarkan para calon Ambassador hendak dilakukan sehat and proper test oleh komisi I DPR, ” ujar Bagian Komisi I Fraksi PPP DPR RI Syaiful Tamliha kepada VIVA, Jumat 25 Juni 2021.

Berikut 33 nama calon Dubes RI untuk negara sahabat dan organisasi Internasional:  

1. Ade Padmo Sarwono (Karir)
Untuk Kerajaan Yordania Hashimiah merangkap Palestina, berada di Amman 

2. Bebeb A. K. Djundjunan (Karir)
Untuk Republik Yunani, berkedudukan di Athena 

3. Membawa B. U. Razak (Karir)
Untuk Republik Kolombia merangkap Antigua & Barbuda, Barbados dan Liga Saint Kitts dan Nevis, berkedudukan di Bogota 

4. Karakter Sutiono (Karir)
Untuk Republik Slowakia, berkedudukan di Bratislava

5. Siswo Pramono (Karir)
Buat Australia merangkap Republik Vanuatu, berkedudukan di Canberra

6. Triyogo Jatmiko (Karir)
Untuk Republik Persatuan Tanzania, merangkap Republik Burundi serta Republik Rwanda, berkedudukan pada Dar Es Salaam 

7. Heru Subolo (Karir)