VIVA â€“  Kenaikan berat badan setelah usia 40 adalah fenomena alam yang datang dikarenakan perubahan kadar hormon, penurunan tingkat aktivitas dan peningkatan stres dan berkurangnya jumlah jam tidur.

Meskipun mungkin tampak sangat sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat setelah Anda mencapai usia 40 tahun, bukan tidak mungkin untuk menurunkan berat badan. 

Yang dibutuhkan adalah tekad dan rutinitas penurunan berat badan yang tepat untuk menyertainya. Dilansir dari Times of India, berikut ini adalah beberapa tip penurunan berat badan yang efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan setelah usia 40 tahun.

Menurunkan asupan karbohidrat

Ketika Anda mencapai usia tertentu, sudah pasti tepat untuk mengurangi asupan karbohidrat. Namun, menguranginua bisa sedikit lebih rumit. Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar penting bagi tubuh.

Menghilangkan karbohidrat dari diet Anda dapat menghilangkan nutrisi penting dan bahkan dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang tidak sehat, yang tentunya bukan sesuatu yang diinginkan. 

Hal terbaik adalah mengatur ulang pola makan dan memasukkan karbohidrat sehat dan baik yang kaya serat dan memiliki sifat antioksidan, seperti buah utuh, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian.

Beralih ke lebih banyak sayuran

Photo :

  • Freepik/freepik

Sayuran dan / atau sayuran berdaun hijau bagus untuk menurunkan berat badan. Mereka dikemas dengan nutrisi dan mengandung lebih sedikit atau tidak ada jumlah kalori. Selain mengatur kadar gula darah, juga memberi rasa kenyang dan membantu mengurangi makanan berkalori tinggi.

Katakan ‘tidak’ pada alkohol

Minuman dan minuman beralkohol sering kali dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama pada orang yang telah berusia 40 tahun ke atas. Perut bir, seperti yang mungkin sering Anda dengar, juga disebabkan oleh alkohol dan paling sering terjadi pada orang paruh baya. 

Sebagian besar minuman beralkohol mengandung kalori dalam jumlah tinggi yang benar-benar dapat meningkatkan berat badan Anda.

Aktivitas fisik adalah suatu keharusan

Seiring bertambahnya usia, hidup cenderung berputar di sekitar jam kerja yang sibuk dan perjalanan yang memakan waktu dan apa yang tidak.

Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk berolahraga menjadi sangat sulit, yang pada gilirannya mengakibatkan penambahan berat badan pada orang yang berusia di atas 40 tahun. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyediakan waktu untuk aktivitas fisik seperti berjalan kaki, yoga, dan / atau bersepeda.

Jangan stres

Stres menjadi penyebab utama penurunan berat badan, tidak hanya pada orang yang berusia di atas 40 tahun, tetapi juga di kalangan generasi muda. Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang merangsang nafsu makan dan mengakibatkan penambahan berat badan. 

Karena itu, penting untuk membiarkan pikiran beristirahat dan terlibat dalam hal-hal yang membuat bahagia.

Cukup tidur

Kurang tidur seringkali dapat menyebabkan obesitas dan penambahan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Meskipun demikian, seseorang harus memanjakan diri dalam jumlah jam tidur yang cukup, terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun.