VIVA – Cash On Delivery atau yang biasa disebut dengan istilah (COD), merupakan metode perdana dalam bisnis online. Metode pembalasan ini dilakukan dengan cara pedagang mendatangi lokasi pembeli dan jalan pembayaran terjadi setelah barang tiba.

Menurut Prasetio (2012), yang dimaksud dengan COD adalah kegiatan bertemunya penjual dan pembeli barang yang pemesanannya dilakukan secara  online  dan bertemunya di tempat yang telah disetujui oleh ke-2 pihak.

Di wadah itu, penjual membawa barang yang dipesan oleh konsumen dan konsumen membayar barang yang telah dipesan. Di era yang semakin hidup ini, banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja online daripada berbelanja offline, karena waktu akan lebih efisien dan sedikit terbuang, tetapi dikarenakan kurangnya sistem keamanan daripada belanja online menyebabkan masih penuh ketakutan yang timbul dari berbelanja online.

Seperti penipuan, kerusakan dalam transmisi, dan barang yang dibeli tak sesuai ekspetasi.   Cash On Delivery adalah salah satu jalan yang tepat untuk mengatasi kurang ketakutan pelanggan.

Kebaikan dari metode Cash On Delivery (COD) diantaranya:

1. Pelanggan tidak banyak membuang zaman, karena penjual yang akan mendekati lokasi pelanggan.

2. Pelanggan dapat menghargai secara langsung fisik barang dengan dipesan, sesuai yang diinginkan ataupun tidak, dan dapat berbincang tepat dengan penjual.

3. Pelanggan juga dapat bernegosiasi tepat dengan penjual, karena proses pembayaran terjadi setelah kedua belah pihak bertemu.

4. Meningkatkan reputasi bisnis online, karena pelanggan sangat nyaman untuk menggunakan cara ini tanpa harus merasa ragu dan khawatir terjadinya penipuan.

Cash on delivery (COD) sudah banyak digunakan oleh perusahaan jasa yang juga yang melebarkan sayapnya untuk melakukan bisnis online. Metode ini dianggap efektif untuk pelaku bisnis online karena bisa mengurangi ketakutan pelanggan dalam mengabulkan belanja online. Pelanggan juga tidak perlu bingung untuk mendapatkan pelayanan COD karena, sekarang berbagai online market place dan bisnis penjelajahan sudah menyediakan layanan ini buat memenuhi keinginan pelanggan.

Terlebih di era pandemi sesuai ini, dimana orang-orang takut buat beraktivitas diluar rumah. COD bakal sangat bermanfaat karena pelanggan tak perlu keluar rumah untuk menutup kebutuhannya.

Jadi, secara adanya Cash On Delivery, banyak memberikan manfaat untuk para pebisnis online karena bisa mendapatkan keyakinan dari pelanggan dan reputasi yang baik. Di sisi lain penikmat layanan jasa online juga dimanjakan karena tidak perlu repot & takut lagi dalam melakukan transaksi online.