VIVA   –   New normal atau normal yang perdana mulai diterapkan oleh pemerintah secara membuka kembali perkantoran dan pusat perbelanjaan. Juru Bicara Pemerintah buat Penanggulangan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa protokol kesehatan perlu diperketat untuk menekan transmisi virus corona di Indonesia.

Beragam protokol kesehatan tiba diterapkan pemerintah dan sesuai seruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar mengenakan masker saat keluar rumah. Tak hanya itu, saat balik ke rumah, masyarakat juga diharapkan tetap menjaga kebersihan agar tak menularkan virus corona ke anggota keluarga di rumah.

Menurut Reisa, para karyawan yang ingin kembali ke rumah dibanding kantor, perlu membersihkan barang oleh-oleh serta pakaian yang dikenakan. Tumpuan kaki pun tak luput sejak proses disinfeksi tersebut sebelum dimasukkan ke dalam rumah.

“Setelah bekerja serta sesampainya di rumah, terapkanlah protokol kedatangan sebelum kita bertemu dengan anggota keluarga.   Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun pada barang bawaan yang dibawa saat bekerja, ”  kata Dokter Reisa Broto Asmoro dalam siaran BNPB, Senin, 15 Juni 2020.

Selain itu, anjuran untuk membersihkan pakaian dengan air dan sabun perlu diterapkan agar meminimalisir penularan. Penggunaan sabun juga diterapkan saat mencuci tangan bahkan mandi sebelum menyentuh anggota keluarga lain.

Benda-benda di rumah, lanjut Dokter Reisa, tak boleh disentuh sebelum mandi dan mengganti pakaian bersih. Dengan pemakaian sabun, diharapkan virus dapat hilang dengan sendirinya.

“Jadilah pelindung keluarga yang andal. Tetap produktif dan tetap menjaga keluarga aman dari COVID-19, ” tutup Dokter Reisa Broto Asmoro.