VIVA   –  Perjalanan hidup dongeng tinju dunia, Mike Tyson benar penuh prestasi. Selain memiliki segudang prestasi di dunia tinju, Tyson beberapa kali juga sempat menggemparkan dunia karena sensasi yang dilakukannya.

Tyson pernah menyelap penjara karena kasus pemerkosaan terhadap Miss Black America, Desiree Washington pada 1991. Si Leher semen dijatuhkan hukuman 10 tahun tangsi.

Di penjara, Tyson bukan menyesali perbuatannya itu. Kiranya bertobat, Tyson malah kembali tersangkut kasus asusila di penjara. Tyson mengakui dalam menjalani masa benduan, dia pernah menghamili penjaga kurungan. Akan tetapi, anak tersebut tak lahir kedunia. peremuan tersebut menuruti menggugurkan kandungannya.  

“Ya, saya pernah menghamili salah satu pegawai penjara dulu. Tetapi, bayi itu tidak pernah lahir sebab kita kemudian memilih untuk menggugurkan bayi itu, ” kata Tyson  dalam wawancara dengan ESPN.

Dari 10 tahunan hukuman yang diberikan kepadanya, Tyson hanya menjalani tiga tahun masa benduan dan kemudian dia dibebaskan. Pada sisi lain, sebelum masuk kurungan itu, Tyson juga memiliki rencana unik.

Dia pernah menyewa jasa ilmu hitam dan sihir untuk mencoba mendapatkan azab sesingkat mungkin. Tyson mendapatkan petunjuk dari rekannya untuk meminta sandaran dukun agar ia lepas sebab hukuman.

“Calvin, jodoh dekat saya dari Chicago, memberi tahu saya tentang beberapa wanita berandal yang bisa merapalkan ilmu agar saya tidak masuk kurungan, ” kata Tyson, dikutip The Sun .

“Saya disuruh untuk menaruh lima ratus dolar di dalam toples, lalu meletakkannya di tempat tidur selama tiga hari setelah itu mendatangkan ke perempuan itu untuk dibacakan mantra, ” sambungnya.

Tyson kemudian menjalani ritual yang diperintahkan oleh sang dukun. Masa itu, dia diperintah untuk menentang gedung pengadilan dan menyiramkan minuman mantra yang diberikan.

“Suatu malam kami pergi ke gedung pengadilan dengan seekor merpati dan telur. Saya menjatuhkan telur di tanah ketika burung itu dilepaskan & saya berteriak, “Kami bebas! ” Beberapa hari kemudian, saya menggunakan setelan abu-abu bergaris-garis dan lari ke pengadilan, ” ucap Tyson.

Ya, entah bertepatan atau tidak, Tyson benar muncul penjara lebih cepat setelah menjalani tiga tahun masa tahanan pada 1995. Di samping itu, hidup Tyson tak sepenuhnya penuh dengan hal-hal negatif.

Sesudah memilih pensiun dari dunia tinju 2005 lalu, Tyson sudah menderita kesuksesannya. Dia kini beralih sebagai pebisnis ganja. Bisnisnya itu laku manis. Tyson  meraup US$500 ribu atau setara Rp10 miliar bagi bulan.

Dalam periode dekat ini, Tyson juga terlibat dalam sebuah laga amal. Tempat akan kembali naik ring tinju setelah 15 tahun pensiun. Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Tyson pula baru-baru ini memperlihatkan bagaimana pukulannya yang mengerikan belum hilang.