VIVA   –  Ramai di media sosial Twitter tentang fakta sekte pemuja setan di salah satu kampus swasta di Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh sejumlah pengguna Twitter, kampus yang dijadikan sebagai tempat pendewaan setan merujuk ke Institut Teknologi Nasional (Itenas).

HASIL CEK FAKTA

Otoritas kampus Itenas, dalam akun Instagram-nya, @itenas. official, menyatakan bahwa informasi yang beredar tentang sekte pemujaan setan adalah tak benar. Itenas menjelaskan kegiatan pada foto atau video yang beredar merupakan kegiatan “Jumat Seram” atau “Jumat Senang Ramai-Ramai”.

Berikut adalah klarifikasi yang disampaikan oleh Instagram @itenas. official:

“Sehubungan dengan beredarnya berita/informasi/video/postingan di media sosial Instagram, Twitter dan Youtube “Kampus Pemujaan Setan di Bandung” secara hastag # Bandung # PemujaanSetan # Kampus, kami menilai adanya penggiringan opini/persepsi bahwa kegiatan pemuliaan setan yang dimaksud terjadi di kampus kami, Institut Teknologi Nasional Bandung. Hal ini terlihat sebab pernyataan “di kampus It*n*s” dengan terletak di Jl. PHH Mustapa Bandung.
—
Berantas hoax dengan bijak menggunakan bersosial media”

Penjelasan sewarna juga dituturkan oleh Kepala Jawatan Kerja Sama, Hubungan Masyarakat serta Pemasaran Itenas Yulianti Pratama. Data yang beredar, katanya, dirasa bisa menggiring opini bahwa kegiatan itu terjadi di kampus Itenas. Yulianti menegaskan di kampus Itenas tak ada sekte pemuja setan maupun dengan ritualnya.

“Kami meminta agar pihak-pihak yang dengan sengaja menyebarkan berita/narasi/fotopostingan tersebut agar segera menghentikan dan menghapusnya. Atau pihak-pihak yang menerima berita/narasi/foto/postingan tersebut agar tidak menyebarluaskannya, ” kata Yulianti.

KESIMPULAN

Informasi tersebut salah: bukan kegiatan pemujaan setan. Kegiatan itu merupakan bagian dari kegiatan “Jumat Seram atau “Jumat Senang Ramai-Ramai” yang diadakan pada November 2019. (ren)

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4503