VIVA   –  Saat jutaan umat Islam di dunia tengah berbahagia merayakan Hari Raya Idul Fitri, situasi di perbatasan Irak dan Suriah justru memanas. Pasukan Angkatan Bersenjata Irak (Iraqi Armed Forces) terlibat baku tembak dengan para anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), di hari besar umat Islam.

Angkatan Bersenjata Irak yang konsisten melancarkan operasi penumpasan teroris ISIS, menyerang beberapa markas kelompok bersenjata itu di Gurun Al-Rutbah, dekat perbatasan Suriah, Senin 24 Mei 2020 waktu setempat.

Menurut laporan Al-Masdar News , pasukan yang tergabung dalam Divisi 1 Resimen Komando Angkatan Bersenjata Irak berhasil menghancurkan sejumlah markas kelompok teroris ISIS di wilayah tersebut. Tak cuma itu, pasukan Irak juga berhasil menghabisi dan menangkap beberapa teroris.

Sejumlah senjata juga dilucuti oleh pasukan Irak, seperti senapan hingga meriam.  

Operasi di Gurun Al-Rutbah bukan tanpa perlawanan. Sebab, anggota teroris ISIS sempat mengetahui bahwa mereka sedang diintai oleh duajet tempur Irak melakukan pengintaian. Sontak, mereka pun langsung mengarahkan moncong senjata anti-pesawat ke satu diantara jet itu.

Beruntung, tembakan anggota teroris ISIS itu tak sampai membuat jatuh jet tempur Irak. Kedua pesawat tempur disebut berhasil kembali ke pangkalan dengan selamat dan salah satunya hanya mengalami kerusakan ringan.

“Salah satu kendaraan teroris membawa senjata mono 14, 5 mm dan menembaki salah satu pesawat, menyebabkan kerusakan ringan pesawat, ” bunyi pernyataan Tentara Irak.

“Formasi kedua pesawat berhasil kembali ke markas dengan aman setelah melaksanakan tugas, ” lanjut pernyataan Angkatan Bersenjata Irak.

Angkatan Bersenjata Irak secara intensif melancarkan operasi untuk menghabisi sisa-sisa kelompok teroris ISIS yang masih ada, sejak awal pandemi Virus Corona (COVID-19) melanda. Kelompok teroris ini dianggap sebagai malapetaka yang bisa menyebarkan virus mematikan dari China itu.