VIVA   – Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Menggambar Nasional. Batik sendiri sudah sangat dikenali oleh masyarakat di Indonesia. Namun, sudah tahukah asal muasal cakap Batik tersebut?

Secara etimologi, kata batik berasal daripada bahasa Jawa ambhatik dan dibagi menjadi 2 arti. Kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan titik yang berarti bintik atau matik, di mana itu sebagai kata kerja dalam cara Jawa berarti membuat titik.

Kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. Begitu laporan buku berjudul Indonesia Peduli karya Anas Biranul yang dikutip di laman Wikipedia.

Masih dalam rujukan yang sama, Batik juga mempunyai pengertian sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan membuat titik-titik terbatas pada kain mori.

Baca juga: Mengenal 5 Corak Batik Indonesia, Mega Mendung Datang Papua

Dalam sopan santun Jawa, batik ditulis dengan bathik, mengacu pada huruf Jawa? (tha) yang menunjukan bahwa batik ialah rangkaian dari titik-titik yang membuat gambaran tertentu.

Selain itu, batik sangat identik dengan suatu teknik (proses), dari mulai penggambaran motif had pelodorannya.

Salah kepala ciri khas batik adalah cara penggambaran motif pada kain yang menggunakan proses pemalaman, yaitu menggoreskan malam (lilin) yang ditempatkan di wadah yang bernama canting dan cap.

Adapun taat KRT. DR. HC. Kalinggo Hanggopuro (2002, 1-2) dalam buku Bathik sebagai Busana Tatanan dan Arahan menuliskan bahwa para penulis contoh menggunakan istilah batik yang sebenarnya tidak ditulis dengan kata menggambar akan tetapi seharusnya bathik.

Hal ini mengacu pada huruf Jawa? (tha) dan bukan? (ta) dan pemakaiaan batik sebagai rangkaian dari titik adalah kurang tepat atau dikatakan salah.

Kata batik kini telah masuk ke dalam Kamus Gembung Bahasa Indonesia. Ada pun cakap batik berarti kain bergambar dengan pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu.

Selain itu, cara pengolahannya pun harus diproses dengan cara tertentu. Dengan mengenal arti kata Batik, semoga kita makin bangga dengan kekayaan kecil di negeri tercinta ini.