VIVA   –  Dalam suatu periode, dia merupakan salah satu batu yang pernah dimiliki Barcelona. Pemain bernama Gai Assulin  ini serupa merupakan pemain termuda yang memperkuat Timnas Israel.

Jemaah bahkan sempat menjulukinya ‘Messi Israel’. Namun, kariernya justru tenggelam. Padahal pemain kelahiran 1991 itu diharap bisa mengikuti jejak jebolan La Masia lainnya.

Menangkap:   Pantas Messi Mau Hajar Bek Sevilla, Ini Toh Penyebabnya

Kaya dikutip dari Soccer Stories, Senin 22 Juni 2020, pemain bertanda lengkap Gai Yigaal Assulin ini menjadi pemain muda yang berpengaruh di Barcelona B (2007-2009).

Tiga tahun di Barcelona B, pemain berposisi gelandang terjang dan winger ini tampil pada 67 pertandingan dengan torehan 13 gol. Dia pun dipromosikan ke Barcelona senior pada 2009.

Sayang dia gagal mendapatkan satu laga pun kesempatan bermain bersama Barcelona senior di sepanjang musim 2010. Ini karena cedera yang membekapnya.

Di musim berikutnya, Assulin lebih memilih hijrah ke Mancheser City. Padahal dia ditawari persetujuan oleh Barcelona. Namun dia mendaftarkan saran Yaya Toure pindah demi mengangkat kariernya.

Lihat aksi Assulin saat dalam Barcelona:

Di ManCity yang zaman itu dibesut Roberto Mancini, karier Assulin malah semakin terpuruk. Selama dua musim di ManCity, dia sama sekali tidak dipercaya bermain.

Selanjutnya, Assulin dijual ke klub-klub level menengah, seperti Racing Santander, Granada, Real Mallorca. Dan di usianya kini 29 tahun, dia membela klub Rumania, Politehnica Lasi.  

Kenapa karier pemain berjuluk ‘Messi Israel’ itu terpuruk? Dalam sebuah ramah, dia mengaku mendapat tekanan karena kerap dibanding-bandingkan dengan Messi.

“Ketika mereka membandingkan kamu dengan pemain terhebat sepanjang kenangan (Messi), maka mereka memiliki tumpuan terlalu besar, ” katanya di wawancara di ITV.

“Dan ketika anda masuk ke lapangan, maka itu (perbandingan) akan sangat berat buat anda. Hamba pikir, secara pribadi, itu (julukan Messi Israel) sedikit menyiksa kami. ”

Menyuarakan juga:

Barcelona Serius dengan Lionel Messi, Ingin 2 Tahun Lagi

Video Gol Panenka Terbaik: Lantaran Zidane, Messi, Hingga Ramos

Video Aksi Brutal Kapten Lawan Hentikan Messi: Peluk serta Banting