VIVA   –  Manajer Liverpool Juergen Klopp mempunyai penghargaan sendiri tentang kekuatan megabintang Barcelona, Lionel Messi dan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Sungguh, siapa yang paling hebat antara Messi dan Ronaldo memang selalu menjadi perdebatan dalam satu dekade ini. Kedua pemain berhasil mengukir prestasi bersama timnya masing-masing.

Di level individu, Messi dan Ronaldo juga mendominasi menyelenggarakan Ballon d’Or. Messi saat ini mengoleksi enam gelar, sementara Ronaldo meraih lima kali.

Baca Juga:   Haaland Bikin Real Madrid Patah Absurd

Sebagai eksekutif, Klopp sudah pernah merasakan dengan jalan apa timnya berlawanan dengan Messi serta Ronaldo. Nah, dari pertemuan itu, siapa yang menurut Klopp lebih baik?

Bagi manajer asal Jerman itu, Ronaldo merupakan pemain yang memiliki postur fisik yang sempurna jadi pesepakbola. Kemampuan Ronaldo menurut Klopp juga sangat luar biasa.

Tapi, menurut Klopp, Messi lebih dari segalanya. Klopp menyuarakan Messi memiliki kemampuan yang wajar meskipun tidak memiliki postur fisik seperti Ronaldo.

“Bagi saya Messi favorit, tapi hamba tidak bisa mengagumi Ronaldo lebih dari yang sudah saya kerjakan. Alasannya, Kami sudah pernah bermain melawan keduanya dan mereka hampir mustahil untuk diatasi, ” kata pendahuluan Klopp dalam wawancara dengan freekickerz .

“Tapi Messi memiliki postur dengan lebih kecil sejak lahir. Jika Anda bisa menggambarkan diri Kamu sebagai pemain yang sempurna, oleh karena itu tinggi badan Ronaldo gambarannya. Dengan keseluruhan, jelas Messi sempurna & profesional, tidak ada yang lebih baik dari dia, ” berlanjut Klopp.

Di sisi lain, walaupun Klopp mengakui Messi sebagai pemain sempurna, namun Klopp berhasil mendirikan Messi tertunduk lesu di semifinal Liga Champions 2018/2019.

Klopp bersama Liverpool berhasil menyingkirkan Barcelona dengan cara yang fantastis. Tertinggal 0-3 di leg pertama, Liverpool bisa membalikkan keadaan di leg kedua. Liverpool berhasil melibas Messi cs 4-0.  

Setelah berhasil melaju ke final, Liverpool sukses mengandaskan sambutan Tottenham Hotspur 2-0 dan menutup gelar juara. Musim ini, Klopp juga berpeluang membawa Liverpool memimpin Premier League.

Baca Juga:  

Kisah Mahrez Pendekar Premier League dengan ‘Tim Rugby’ Leicester City

China Ancam Indonesia, PSBB Jawa Barat Amburadul Hingga Risma Ngeluh

5 Transformasi Tubuh Luar Pokok Pesepakbola, Nomor 4 Paling Membawa