VIVA   –  Beredar postingan foto di Twitter menunjukkan foto Rizieq Shihab bersalaman dengan seseorang yang diklaim sebagai Bos JNE. Beberapa postingan dengan klaim yang serupa juga beredar di antaranya, https://archive.vn/w0upR, https://archive.vn/wo2g9, https://archive.vn/ybDeb. Klaim foto dengan diduga Bos JNE bersama HRS beredar bersamaan dengan tagar #BoikotJNE serta ramainya media sosial atas peristiwa JNE dan FPI yang terjadi baru-baru ini.

Berikut narasinya:

“Wajah Bos JNE kok sebangsa dgn rizieq dan wa abud sungguh? Myaman juga kayaknya???? Pantesan kadrun???? #BoikotJNE pic. twitter. com/Xfx0I8vN8C”

Hasil Cek Bukti

Setelah dilakukan penelusuran gambar buat mengetahui fakta, dilansir cekfakta. com, diketahui bahwa seorang yang diklaim sebagai Bos JNE sesungguhnya adalah Hanny Kristianto.

Dilansir dari website fpi-online(dot)com, Hanny Kristianto saat itu sedang mengunjungi kediaman HRS di Mekkah pada tahun 2018. Di samping menjepret dirinya bersama HRS juga ada foto HRS bersama Kyai Zarkasyi dari Gontor.

“Pagi ini Allah izinkan saya bersama gurunda Kyai Zarkasyi dari Gontor bersilaturahim dengan Habib Rizieq Shihab di kediaman beliau di Mekah. Kami juga memberikan salam dari Dr Zakir Terangkat dan K. H. Muhammad Arifin Ilham untuk habib dan anak besar FPI di Mekah, ” ungkap Hanny.

Hanny Kristianto merupakan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekaligus founder institusi amal IKHLASS Foundation. Dalam beberapa kali kesempatan memang Hanny Kristianto bersama lembaganya bekerja sama dengan jasa pengiriman JNE untuk pembagian santunan.

Dalam postingan di akun resmi JNE (@jne_id) tertanggal 20 April 2020, JNE memberikan gratis ongkir kepada IKHLASS Foundation dan Mualaf Center Nusantara dalam rangka pendistribusian nasi tempat dan APD untuk seluruh rumah sakit di Indonesia.

Selain itu, JNE juga menganjurkan gratis ongkir untuk pengiriman obat herbal yang diprakarsai Hanny Kristianto, THIBBUN NABAWI. Postingan dapat dilihat di akun instagram Hanny Kristianto (https://www.instagram.com/p/CITXqRBAFbg/).

Hasil penelusuran untuk mengetahui petinggi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE, tidak ditemukan seorang yang bertanda Hanny Kristianto. Dalam website resmi JNE, diketahui bahwa Presiden Direktur JNE bernama Mohamad Feriadi serta Chandra Fireta dan Edi Santoso sebagai direktur.

Adapun Founder JNE yang sudah diketahui bersama adalah Johari Zein. Berangkat merintis jasa pengiriman pada tahun 1986 bernama WorldPak, namun kurang tahun kemudian perusahaan rintisannya bubar karena menjual seluruh sahamnya di perusahaan kurir Pronto asal Singapura. Pasca itu Johari tetap berkerja di bidang pendistribusian barang serta kemudian bertemu dengan perusahaan TIKI yang kala itu pemiliknya Soeprapto Suparno.

Ia pula dipercaya untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan beberapa pejabat TIKI. Melihat performa Johari Zein dengan bagus Soeprapto Suparno mempercayakannya untuk mendirikan sendiri perusahaan yang masa ini bernama PT Tiki Belang Nugraha Ekakurir (JNE).

Kesimpulan

Dari berbagai data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa seorang yang diklaim sebagai Bos JNE merupakan Hanny Kristianto, ia merupakan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekali lalu founder lembaga amal IKHLASS Foundation, bukan Bos JNE. JNE berlaku sama dengan kedua lembaga Hanny untuk memberikan gratis ongkir obat dan perlengkapan kesehatan dalam kerangka penyintasan corona.  

Sehingga klaim bahwa Bos JNE bersalaman dengan HRS sebagaimana di gambar adalah HOAX dan tercatat kategori KONTEN MENGELIRUKAN.