VIVA   –  Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menanggapi tentang kritik sejumlah pihak terkait pidato Pemimpin Joko Widodo yang tidak menyinggung masalah korupsi pada Sidang Tahunan MPR, 16 Agustus lalu.  

Menurut Moeldoko, pertimbangan itu sebaiknya dilihat sejak tindakan yang diambil Presiden selama ini. Karena patuh Moeldoko, sikap Presiden kepada pemberantasan korupsi sudah sahih dan tegas.

“Saya sebenarnya, kita concern melihat actionnya, dari apa yang telah dilakukan bungkus Presiden dalam konteks barang apa itu korupsi ini. Siap jangan hanya konsen pada apa yang, apa itu dalam amanatnya, ” ujar Moeldoko saat menjawan pertanyaan wartawan di kantornya Gedung Bina Garaha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 18 Agustus 2021.

Menurut Moeldoko, bisa dilihat dalam bermacam-macam kesempatan, Presiden Jokowi selalu menekankan bahwa agenda pemberantasan dan pencegahan korupsi oleh sebab itu agenda besar pemerintah. Apalagi terkahir, Juli 2021, Kepala Negara memimpin sidang kabinet dengan secara khusus menyinggung perkara Indeks Persepsi Korupsi & Pelayanan Publik.

Perhatian Presiden pula, sekapur Moeldoko, selalu diperingatkan pada masa pandemi COVID-19 masa ini.