VIVA berantakan Polisi kembali menangkap pelaku begal sepeda di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kesempatan ini, polisi mencokok tujuh pelaku sekaligus penadah.

“Kami mengamankan 34 sepeda dari penadah, 480 dari empat laporan polisi. Setelah kami kembangkan, kami mengamankan tujuh pelaku, ” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Penuh Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Senin, 16 November 2020.

Baca juga: Lagi, Anggota TNI Dibegal Saat Bersepeda

Sejak awal tahun hingga sekarang, sindikat ini jadi menggondol sepeda hingga sebanyak lebih dari 30 kali. Para karakter memiliki peran yang berbeda, berangkat dari eksekutor, penjual, hingga penadah.

Mereka kerap jalan sepeda yang terparkir dan minim pengamanan.

Pada polisi, pelaku mengaku menyasar sepeda karena harga sepeda saat ini pas mahal dan banyak peminatnya. Berasaskan perbuatanya, para tersangka dikenakan Perkara 362 dan Pasal 363 KUHP. Para tersangka terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

“Mereka serupa seperti pencurian kendaraan bermotor. Mereka rata-rata mengincar melakukan patroli zaman melihat ada rumah yang ada sepedanya kemudian lihat situasi aman baru mereka bergerak untuk menyelenggarakan aksinya, ” katanya.