Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.

Getty Images
Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.

Ketika kartika pop keturunan China serta Kanada, Kris Wu, ditahan atas dugaan pemerkosaan bulan lalu, sejumlah penggemarnya tepat berkomplot secara online berantakan dengan rencana membantunya kabur dari penjara.

“Gadis-gadis, tersedia kekuatan dalam jumlah, mari terbang ke Beijing dan selamatkan dia, ” satu diantara dari mereka mengunggah statusnya di platform microblogging Weibo.

Yang asing berkata mereka telah merancang sekop untuk menggali terowongan, dan tang untuk memutuskan kawat berduri.

Tak lama, diskusi secara topik semacam itu kepala demikian halnya akun-akun dengan mendiskusikannya – hilang sejak dunia maya.

Seiring secara penggemar bintang pop pada China yang kian gandrung semakin sering menjadi tajuk utama, pihak berwenang menegaskan perilaku semacam itu tidak akan ditoleransi.

“Sengkarut dalam klub penggemar selebriti, yang diperlihatkan sebab `insiden Kris Wu`, menunjukkan budaya penggemar yang buruk telah mencapai momen kritis sehingga harus dikoreksi, ” tulis badan disiplin luhur negara itu dalam sebuah unggahan, seraya menambahkan kalau ribuan komentar “beracun” dan grup penggemar telah dihapus.

Dua minggu lalu, pengawas internet China menyebut mereka akan membatalkan penyebaran informasi “berbahaya” dengan beredar dalam klub penggemar, termasuk gosip dan pelecehan verbal.

Maklumat apa pun yang tidak berfungsi untuk menghapus konten tersebut dengan cepat, serupa akan dikenakan sanksi.

“Perlu ada batasan kegandrungan yang tidak masuk akal terhadap artis, ” katanya.

Lihat Juga

 

Kris Wu

Getty Images
Pengemar Kris Wu – yang ditangkap berasaskan dugaan pemerkosaan – berencana membantunya kabur dari penjara.

Selama berbulan-bulan, Beijing meningkatkan upaya untuk melayani apa yang disebut sebagai budaya penggemar yang “kacau” – sebuah langkah dengan disambut baik bahkan di antara beberapa penggemar selebriti.

Seorang pengguna Weibo yang secara tertib mengunggah pembaruan tentang berita hiburan, mengatakan: “Penggemar sedeng benar-benar memberi kita semua nama buruk. Bahkan aku merasa kesal ketika melihat sekelompok besar penggemar memadati bandara untuk melihat kesayangan mereka. ”

Banyak anggota dari golongan ini tak hanya bersorak kegirangan ketika melihat kartika favorit mereka.

Dalam banyak kasus, tabiat mereka berubah menjadi mudarat orang lain.

Mulai dari penguntitan mematok perundungan secara daring, mematok menyebarkan desas-desus, klub penggemar yang terorganisir ini semakin ekstrem menunjukkan “cinta” itu.

Tahun lulus, sebuah fans klub pemain populer Xiao Zhan mengucup seluruh situs cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan karakter idola (fanfiction), karena sebuah karya yang menggambarkan Xiao sebagai seorang remaja – yang gemar mengenakan pakaian lawan jenisnya atau crossdressing – yang jatuh cinta dengan idola pria lain.

Khawatir karya itu akan “menodai” citra sang idola, mereka melaporankannya kepada bagian berwenang sebagai “pornografi di bawah umur” – dengan segera berakibat pada penghapusan situs tersebut.