VIVA   –  Pemimpin Jokowi mengucapkan dukacita atas jatuhnya korban pada bencana banjir bandang di wilayah Masamba, Luwu Mengadukan, Sulawesi Selatan. Hal itu disampaikan Jokowi lewat akun twitter miliknya @jokowi, keadaan ini. Tercatat sudah, 30 orang meninggal dunia dan sejumlah korban masih dalam pencarian.

“Dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa karena banjir bandang di Kecamatan Masamba, Luwu Memajukan, Senin lalu, ” kata Jokowi, Jumat 17 Juli 2020.

Jokowi menyampaikan, bahwa dirinya telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Ijmal dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono datang ke lokasi banjir. Kehadiran Basuki untuk memastikan pengerjaan bencana sekaligus berkoordinasi dengan jawatan di daerah.

“Saya telah memerintahkan Gajah PUPR untuk ke lokasi gangguan bekerja sama pihak terkait, ” kata dia.

Sebelummya diketahui, Banjir yang menerjang enam kecamatan di Luwu Utara, Sulawesi Selatan menyebabkan ribuan rumah rusak parah tertimbun material lumpur.

Penanganan pasca-bencana, menurut Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, era ini terfokus pada penyelamatan dan memastikan ketersediaan logistik, air suci serta jaringan komunikasi.

“Jaringan komunikasi tersebut harus diperbaiki agar terjadi hubungan komunikasi dengan pihak luar & keluarga para korban, selain tersebut jaringan listrik harus diperbaiki lekas, ” kata Nurdin  kemarin. (ren)