VIVA   –  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menurunkan tim survei pengantar kata ke area pandam pekuburan di Korong atau wilayah Sungai Asam, Nagari Kali Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin, 29 Maret 2021. Tim tersebut akan bekerja menganalisis kuburan yang menggelembung dengan tiba-tiba di lokasi itu.  

Ahli Geologi Sumatera Barat Ade Edward yang menjadi salah kepala perwakilan tim survei itu menjelaskan, survei pendahuluan tersebut untuk memastikan apakah wujud menggelembungnya tanah kuburan itu memang merupakan fenomena yang terjadi secara ilmiah atau sebaliknya hasil dari rekayasa oknum-oknum tertentu.

“Saya dikontak rekan-rekan di BPPT untuk survei haluan ke lokasi. Melakukan telaah awal dan mengumpulkan data-data yang ada. Ini ialah proses standar sebelum dilakukannya penelitian lebih lanjut. Survei pendahuluan kita lakukan siang ini, ” kata Ade Edward, Senin, 29 Maret 2021.  

Menurut Ade, jika fenomena menggelembungnya negeri kuburan itu terjadi secara alamiah, akan ada tim lanjutan yang bakal mengabulkan survei dan penelitian bertambah lanjut. Untuk kasus bagaikan ini, bisanyanya digunakan survei (lanjutan) bawah permukaan secara metoda georadar.