VIVA   – Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat tersebut masih terus melakukan proses pencarian dan penyelamatan KRI Nanggala 402 yang kering kontak di perairan memajukan Bali.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menyatakan, saat ini fokus pencarian KRI Nanggala 402  berada  di area ditemukannya tumpahan minyak dan deteksi benda bermagnet tinggi. Secara begitu, diharapkan kapal menghunjam dapat segera ditemukan.

“Tim TNI AL saat ini masih menanti kehadiran KRI Rigel dengan memiliki sonar. Dengan begitu, temuan benda magnet tinggi bisa dipastikan apakah tersebut kapal selam Nanggala ataupun bukan, ” kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad ketika menyampaikan keterangan pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurahrai, Bali, Jum’at, 23 April 2021.

Meski demikian, lanjut Kapuspen, bukan berarti di kondisi lain juga tidak dilakukan pencarian. Seluruh unsur kekuatan yang telah dikerahkan sejak hari Rabu, 21 April 2021 lalu telah mengabulkan pencarian melalui sonar lembah laut di seluruh selat utara Bali.